Sabtu, 15 Oktober 2011

Story of BLINK 182


Band aliran Punk paling terkenal di saentero dunia tahun 90-an Blink 182, sampai sekarang siapa sih yang ga pernah tau (atau minimal dengar) soal Blink 182.

Adalah Tom DeLonge, Mark Hoppus, ama Scott Raynor para personel yuang sebenernya pertamakali dikenal dengan nama "blink" saja. Album pertama mereka di 1993 berjudul  Fly Swatter hehe lucunya album ini direkam di kamar Scott kontan ajah kualitas suaranya jelek banget alias hancur!.trus disusul oleh album buddha di 1994 nama Blink 182 mulai digunakan karena ada band lain yang sebelumnya sudah mematenkan nama "blink" angka 182 yang jadi tambahan nama hanya nomor2 acak yang terlintas di kepala personelnya. kesuksesan band ini terangkat pas manggung bareng NOFX dan sebagian lagu2nya jadi lagu tema video skate/surf/snowboard.


Blink baru bener2 punya album beneran di 1994 Chesire Cat, di tahun ini pulalah pergantian nama dari blink jadi blink 182 terjadi. Tertarik dengan musikalitas Blink, perusahaan rekaman gede, MCA mulai mengontrak mereka, dan meluncurkan albumnya: Dude Ranch dan lahirlah 2 lagu hit mereka "josie" serta "dammit" 2 lagu itu melambung di pqringkat teratas charts amrik selama beberapa waktu. Di 1998 timbul Scott yang sudah sangat bergantung dengan alkohol memutuskan untuk rehab dan meninggalkan band untuk rehab dan melanjutkan sekolah. Hilangnya satu anggota tentu butuh pengganti ,Travis Barker mantan drummer Aquabats bergabung.

1999 dengan dirilisnya album: Enema of The State  sukses mengantarkan Blink ke puncak popularitas, banyak lagu2 dari album itu yang diputar di radio2 dan Mtv untuk waktu yang cukup lama lagu2 macam "Adam's Songs", "All The Small Things" de el el rupanya benar2 mampu dijual kepasaran dan bersaing ama band yang se-genre macam; NOFX,Green Day, dan The Offspring. Tapi nggak semua suka ama perubahan dari Blink 182 ini... fans asli yang mengikuti mereka sejak awal ngrasa kalau lagu2 blink di album itu sudah terlalu banyak terpengaruh oleh unsur pop dan keluar dari rock-punk.

Kesuksesan blink semakin menanjak 2001, mereka melontarkan  Take Off Your Pants And Jacket  kepasar. Mereka juga muncul disampul majalah Cosmogirl dan memenangi "Nicklelodeon Kid's Music Awards". Tom ama Travis juga mulai serius berkecimpung di side-jobnya: Box Car Racer, band dengan aliran musik alternatif.

2002, muncul invasi dari simple-pan, GC, New Found Glory, yang juga turut meramaikan pasar, nggak gentar Blink-182 juga terjun dengan Blink-182 Untitled muncul lagu2 paling dahsyat dari Blink:"I Miss You","Down","Feeling This","Always" bener2 nunjukin proses kedewasaan dari band ini ada yang bilang kalo Blink terpengaruh ama musikalitas dari U2 ama The Police.

2005, blink mulai bubar dengan alasan "pengin kumpul bareng keluarga" sebagai perpisahan, dirilis greatest hits, kini Blink-182 terpecah jadi 2:"+44" yang digawangi Travis ama Hoppus sementara Tom DeLonge di "Angels And Airwaves".

Pada 21 September 2008, Travis barker mengalami kecelakaan. Pesawat yang ia naiki ( Learjet 60 ) keluar dari landasan, menabrak pagar, menyebrangi jalan terdekat, menabrak tanggul dan kemudian terbakar. Dalam kecelakaan ini 4 orang tewas. Travis Barker mengalami luka bakar level 2 dan 3 di bagian bawah tubuhnya dan di infokan bahwa dia akan sembuh dalam waktu satu tahun. Saat Travis Barker di rumah sakit, Mark Hoppus dan Tom Delonge menjenguk Travis Barker.

Dan sekarang mulailah sederetan berita bagus:

Di bayangi oleh apa yang terjadi lalu, Tom, Travis dan saya telah melakukan pembicaraan. Pertama melalui beberapa telpon, dan lalu beberepa minggu yang lalu kita kumpul bersama-sama untuk beberapa jam. Mereka hebat dan kita melakukan pembicaraan yang positif. Kita hanya melakukan koneksi ulang sesama teman setelah 4 tahun tidak berkomunikasi di mana saya merasa bahwa ini adalah hal yang baik. Jelas sekali, pertanyaan yang akan orang tanyakan adalah bagaimanakah nasib Blink 182? Apakah artinya Blink 182 melakukan reuni? Jawabannya kita sendiri tidak tau. Kita belum membicarakan hal tersebut sama sekali. Saat ini saya merasa, bahwa saya senang bahwa kita bertiga bisa saling berjumpa kembali, berhubungan dan membiarkan yang lalu berlalu. Event 2 bulan terakhir ini telah menyingkirkan semua pertentangan yang lalu. Hidup ini terlalu pendek.

Dan di Januari 2009, MTV.COM menampilkan cuplikan interview dengan Mark Hoppus. Dalam Interview tersebut Mark mengungkit Soal Blink 182. Dia mengatakan:

Masa Depan terbuka lebar… Blink 182 bukan di buat oleh label, dan kita bukan memainkan musik untuk uang ataupun ketenaran. Kita adalah 3 orang sahabat dalam sebuah band, menulis musik yang kita sukai. Disitulah segalanya dimulai, dan disitu pulalah segalanya berakhir. Sebelumnya sudah ada pembicaraan reuni, kita harus kembali ke titik tersebut. Sebenarnya, kita malah harus melebihi titik tersebut, dimana kita bisa menciptakan suatu tempat dimana kita bisa berkata “Hey man, lagunya masih kurang pas” dan lalu kita bisa berdiskusi dan berdebat untuk menciptakan musik yang lebih baik. Karena disitulah point terbaik Blink 182. Ide-ide yang kita bertiga miliki, saya rasa masing-masing memiliki ide yang unik dan spesial kepada suatu lagu, dan tumbukan dari ketiga ide tersebut membuat musik kita menjadi seperti musik kita yang dahulu. Singkatnya, kita butuh untuk kembali seperti masa-masa di mana kita adalah teman dekat dan artis yang dapat mengungkapkan pendapat satu sama lainnya dengan rasa hormat, “Suck It”. Pemikiran final saya adalah seperti ini, Jika - dan ini adalah jika yang sangat besar - Blink 182 bisa reformasi, maka Blink 182 akan bisa melakukan The most amazing, ridiculous, mind-blowing show and tour ever, saya merasa, sepahit-pahitnya perpisahan kita dan kita mundur di puncak kejayaan kita, kita harus bisa kembali menjadi lebih kuat dan lebih baik dari sebelumnya.

Lalu di februari 2008, di perayaan ke 51 Grammy Awards. Ke tiga member Blink 182 yaitu Tom DeLonge, Mark Hoppus dan Travis Barker muncul bersama-sama untuk mengumumkan rock album of the year. Lalu Travis Barker mengumumkan reformasi band, dan berkata “we used to play music together, and we decided we’re going to play music together again” dan Mark Hoppus lalu menambahkan “Blink-182
is back!“

Berikut ini adalah cuplikan video mereka di perayaan Grammy:

karena di you tube, videonya sudah tidak bisa ditayangkan, jadi lihat di link ini saja videonya
silahkan



Setelah sekian lama, akhirnya tepat pada tanggal 27 September 2011, Blink 182 berhasil meluncurkan album barunya yang bertajuk Neighborhoods. Semoga di album baru ini,  Blink 182 bisa mengulang kembali kesuksesan yang pernah mereka raih di tahun 90-an. amin.... :D hhehehehe....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Statistik