Sabtu, 15 Oktober 2011

TP Catu Daya

Transformator
1.      Sebutkan beberapa syarat trafo yang baik.
Jawab : Suatu transformator yang berkualitas baik mempunyai resistansi yang terdapat di kumparannya harus sekecil mungkin agar tidak menimbulkan kehilangan daya. Mempunyai pengaman yang nilainya lebih besar daripada arus pada belitan primer. Dan mempunyai tegangan keluaran yang bertahan walaupun dibebani arus sesuai dengan spesifikasi. Hal ini ditentukan oleh hambatan jenis kawat kumparan yang digunakan.


2.      Sebutkan paling sedikit tiga hal penyebab turunnya tegangan keluaran transforamator dalam keadaan tertentu.
Jawab : Adanya hambatan keluaran Ra   dan pemasangan beban antara CT dan V

3.      Jelaskan beberapa kerugian daya yang dialami pada trafo step – down.
Jawab :
-          Rugi daya pada transformator disebabkan oleh daya joule lesap pada konduktor oleh karena arus primer, arus sekunder ataupun pusar pada teras transformator. Untuk mengurangi arus putar, teras dibuat dari lempengan besi yang diisolasi dari yang lain.

-          Rugi daya yang lain bersumber dari huteresis yang tberjadi pada pemagnetan teras oleh karena arus bolak-balik yang mengalir pada kumparan primer maupun sekunder.

4.      Apa fungsi dan keuntungan central-tap (CT) pada trafo.
Jawab : a. CT pada trafo berfungsi agar terjadi jatuh tegangan
b. Keuntungan : dapat d pergunakan sebagai catu daya u/ peralatan audio yg sifatx sederhana. Misalx pesawat audio / tape recorder

Penyearah
1.      Sebutkan keuntungan dan kerugian penyearah gelombang penuh dan penyearah setengah gelombang, dengan trafo tanpa CT.
Jawab : a. Penyearah setengah gelombang
Ø  Keuntungan : dalam hal penyearah, elemen penyearahan adalah sebuah dioda umum ideal
Ø  Kerugian : Bentuk gelombang arus dioda dan beban

 b. Penyearah gelombang penuh
Ø  Keuntungan : Sekunder transformator memiliki titik pembalikan dari rangkaian penyearah.
Ø  Kerugian : Tegangan yg d aplikasikan ke dioda D2 akan tetap berbeda fase 180o terhadap dioda D1
2.      Dengan mengoptimasi rangkaian, rancanglah suatu penyearah bertapis dengan keluaran 25 Volt  menggunakan komponen-komponen sebagai berikut :
-          4 buah dioda penyearah
-          4 buah kapasitor 470 µF/16 volt
Jawab



3.      Bagaimana spesifikasi kapasitor yang digunakan sebagai tapis dalam  penyearah ini.
Jawab : Harga atau nilai kapasitor, C, harus ditentukan terlebih dahulu agar tetapan waktu pembuangan dibuat jauhb lebih besar dari pada perioda T sinyal masuk ( tao = R . C)

            4.      Terangkan isyarat yang terjadi setelah melalui penyearah akibat adanya barrier voltage yang dimiliki dioda penyearah.
Jawab : Isyarat keluaran yang terjadi adalah gelombang berbentuk sinusoidal. Namun, hanya memiliki nilai positif ; tidak ada yang bernilai negative.

      5. Fungsi kapasitor dalam penyearah bertapis.
Jawab : menurunkan tegangan keluaran oleh arus beban pada penyearah, sehingga tegangan keluaran berkurang.
Power Supply
1.      Jelaskan apa yang anda ketahuintentang dioda bridge?
Jawab : dioda bridge adalah sebuah komponen elektronika semikonduktor yang berfungsi sebagai penyearah arus bolak-balik (AC). Disebut dioda bridge karena didalam komponen ini terdapat empat buah dioda yang dihubungkan saling bertemu satu sama lain (bridge rectifier/penyearah jembatan).

2.      Fungsi dioda bridge
Jawab : sebagai penyearah arus bolak-balik (AC) dan juga biasax banyak digunakan pada perangkat-perangkat elektronika modern, karena memang memiliki kinerja yang baik.
3.      Fungsi elco pada rangkaian power supply?
Jawab :
a.       eLco akan melepaskan energi yg tersimpan didalam materi yg disebut dielektrik secepat mungkin untuk menyeragamkan level tegangan.
b.       eLco akan berbalik menyerap energi untuk disimpan kembali dalam materi dielektriknya. Besar Energi yg bisa disimpan tergantung pada besaran C=kapasitansi. Semakin besar bilangannya, semakin besar pula muatan energi listrik yg disimpan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Statistik